by

Pengukuhan Pengurus MUI Kelapa Gading Masa Khidmat 2021-2026

KabarTrend.com–Jakarta. Hari Jumat, 3 Safar 1443 H / 10 September 2021. Dilaksanakan Pengukuhan Pengurus MUI Kelapa Gading Masa Khidmat 2021-2026.

Hadir dalam acara tersebut para alim ulama, habaib, para ustadz, ustadzah, para tokoh dan dari seluruh unsur pemerintahan.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan ayat Suci Al-Quran.

Pengukuhan Pengurus MUI Kelapa Gading disampaikan Ketua MUI Kota Jakarta Utara, KH Ahmad Ibnu Abidin LC, didampingi Sekretaris Umum, KH M Ali Fahmi.

Ketua MUI Kelapa Gading terpilih, KH Agus Muslim menyampaikan sambutan bahwa MUI Kelapa Gading diharapkan senantiasa mampu membimbing masyarakat. Keluh kesah masyarakat dapat dibimbing berdasarkan spiritualitas. Mampu mendinginkan situasi kurang kondusif menjadi masyarakat yang bersinergi.

Perbedaan tidak sepatutnya menjadi biang perpecahan, pada hakikatnya perbedaan merupakan sumber kekuatan.

Kapolsek Kelapa Gading, AKP Rio Mikael Tobing, menyampaikan sambutan, Kapolsek sangat berterima kasih atas hadirnya MUI di tengah-tengah masyarakat. Terciptanya kenyamanan dan keamanan.

Mungkin dari kita bukan asli masyarakat kelapa gading namun hal itu tidak mengurangi rasa cinta dan kerinduan kita di dalam menjaga keamanan dan kenyamanan dan silaturahmi antar kita sebagai sesama umat manusia di kecamatan Kelapa Gading.

“MUI mampu mempererat tali silaturahmi. Kapolsek mendukung penuh program kerja MUI Kelapa Gading dalam melaksanakan tugasnya. 100 persen saya dukung,” kata AKP Rio M Tobing.

Danramil 06 Kelapa Gading, Mayor Arm Sidik AY, dalam sambutannya menyampaikan bahwa MUI mampu memberikan solusi atas berbagai masalah yang terjadi di masyarakat. Aparat hanya bisa mengamankan, sedangkan Ulama bisa menenangkan dan menentramkan. Umat lebih mendengar apa yang disampaikan oleh para alim ulama. Ulama dan umaro tidak bisa dipisahkan.

Camat Kelapa Gading, H Darmawan AP, dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini disaksikan oleh ratusan hadirin sebab dtayangkan melalui zoom yang disaksikan oleh pemerintah kecamatan, kelurahan dan seluruh elemen masyarakat di Kelapa Gading.

Camat menyampaikan bahwa peranan penting MUI didalam menterjemahkan kebijakan pemerintah di dalam bahasa agama sangatlah penting, di samping tugas utama di dalam menyampaikan fatwa yang senantiasa menjadi solusi di masyarakat.

Ketua Umum MUI Kota Jakarta Utara, KH Ahmad Ibnu Abidin LC. Menyampaikan bahwa
Rasulullah shalallahu alaihi wasalam diutus untuk seluruh umat manusia, ke seluruh bangsa. Bahkan bukan hanya untuk manusia namun untuk seluruh makhluk.

Sabda Rasul Saw bahwa tulang adalah makanan bangsa jin sehingga kita dilarang untuk mengotorinya menunjukan kita perlu menghormati mereka.

KH Ibnu Abidin melanjutkan tausiyahnya bahwa Ulama itu melanjutkan. Sebab Ulama merupakan pewaris para Nabi.

Nabi Muhammad Saw diutus ke seluruh bangsa merupakan keistimewaan sekaligus tantangan tersendiri.

Jika Nabi Adam as diutus hanya untuk satu keluarga itupun ternyata repot dan ada anaknya yang bunuh-bunuhan (Kabil dan Habil).

Indonesia merupakan negara luas nan indah. Banyak orang luar yang ingin tinggal di Indonesia. Jadi kita harus bersyukur menjadi bangsa Indonesia, bukan bangga kepada negara lain.

Al-Quran Surat Alhujurat ayat 13. Menyampaikan bahwa manusia diciptakan berbangsa-bangsa adalah untuk mengenal, saling mengenal (lita’aarofuu).

Saling mengenal merupakan suatu keniscayaan. Dari kenal maka muncul saling menghormati, saling memahami (tafahum) kemudian muncul tasamuh yaitu toleransi.

Acara ditutup dengan doa yang disampaikan Kepala KUA, Ustadz H Pahlawan Jurangga Daulae, SAg, MPdI. Memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar kita senantiasa memperoleh ridho-Nya, hidayah, istiqomah, barokah keluarga dan barokah anak keturunan, amal jariyah bagi orang tua dan husnul khotimah.

Reporter : Dudi Akasyah SAg, MSi.
Foto Dokumentasi Gus Mardhon

@muikelapagading2021

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed