by

Kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah Angkatan ke-8 di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, 19-27 Desember 2023

Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah Angkatan ke-8 di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta, 19-27 Desember 2023

Acara diikuti oleh 87 peserta yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Berlangsung selama 9 hari dari hari selasa tanggal 19 sampai dengan Selasa (27/12), merupakan hasil kerjasama antara Direktorat Jenderal PHU Kementerian Agama RI, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Forum Komunikasi KBIHU DPW Provinsi DKI Jakarta.

Rangkaian kegiatan peserta sertifikasi angkatan ke-8 betul-betul padat, namun kata peserta angkatan sebelumnya masih lebih padat angkatan terdahulu. Meski demikian acara ini telah menjadi inspirasi dapat mememperoleh ilmu bermanfaat secara maksimal dalam 9 hari.

Kegiatan peserta setiap harinya dimulai dari jam 04.00 pagi sampai dengan jam 22.00 malam, waktu istirahat hanya untuk shalat dan makan saja, tak ada waktu meski sekedar untuk meluruskan pinggang apalagi tidur siang.

87 orang peserta yang kebanyakan sudah tidak muda lagi tidak pernah mengeluh dengan waktu yang padat, derap langkah kaki berjalan pasti mengikuti setiap sesi.


Kegiatan yang sangat padat terbayar lunas dengan hadirnya para pembicara yang berkualitas. Panitia membuktikan bahwa suguhan acara telah disiapkan secara profesional sehingga tujuan dari sertifikasi dapat memberikan output bagi kemaslahatan penyelenggaraan ibadah haji dan umroh yang lebih baik lagi untuk masa depan.

Peserta terdiri dari 87 orang, terbagi ke dalam 5 kelompok yaitu kelompok 1 – 5 yang masing-masingnya didampingi oleh asesor.


Salah-satunya adalah Dr H M Zein, Asesor Kelompok 3 menyampaikan kedisiplinan para peserta dalam mengelola waktu dengan gaya penyampaian menghibur, rileks, namun sangat mengena di hati peserta.

H Dudi Akasyah, peserta, menyampaikan kesannya selama mengikuti kegiatan sertifikasi, “saya merasa beruntung dapat mengikuti acara yang istimewa ini dimana muatan ilmunya sangat berharga disampaikan oleh narasumber yang ahli di bidangnya. Kegiatan selama 9 hari dimana per harinya setidaknya ada 4 sesi pembekalan yang disampaikan oleh para pembicara nasional, merupakan acara yang tidak boleh terlewatkan begitu saja. Melalui acara 9 hari ini betul-betul memiliki asupan gizi ilmiah yang belum tentu bisa ditemukan di acara lainnya.”

@DAI_2023-12-22

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed