by

Desa Wanahayu : Masjid-Masjid yang Semakin Menarik

Majalengka–Kabartrend.com–Masjid-masjid telah berdiri indah di Desa Wanahayu. Menarik perhatian bagi siapa saja yang ingin menyinggahinya. Membuat nyaman jamaah yang mengunjunginya.

Desa Wanahayu terletak di Kecamatan Maja, Majalengka, Jawa Barat, 45461. Terletak di Jalan Raya Provinsi yang menghubungkan Kabupaten Majalengka dengan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Kuningan di sebelah selatan.

Masjid di Desa Wanahayu tersebar di lima wilayah (dusun/kampung), yaitu :

1. Masjid Jami Al-Hikmah, Desa Wanahayu
2. Masjid Nurul Huda, Lebak Larang
3. Masjid Miftahul Falah, Pamulihan
4. Masjid Jami Al-Ikhlas, Langgeng
5. Masjid Jami Al-Falah, Sukaresmi

Tentu sobat penasaran bagaimanakah informasi selengkapnya tentang masjid tersebut? Yuk, kita telusuri satu per satu.

1. Masjid Jami Al-Hikmah, Desa Wanahayu


Masjid berwarna coklat muda ini hadir di tengah desa, berhadapan dengan jalan raya. Memiliki lahan parkir yang cukup nyaman memanjakan para pengendara yang hendak menunaikan ibadah.


Desain masjidnya indah, baik interior maupun eksteriornya menampakkan kekinian. Dan yang terpenting kebersihan selalu dinomorsatukan.


Terdiri dari dua lantai yang salah satu bagiannya berfungsi sebagai ruang serbaguna.

2. Masjid Nurul Huda, Lebak Larang


Tempatnya strategis, resik, halaman luas, dan dekat dengan jalan raya merupakan kelebihan dari Masjid Nurul Huda Lebak Larang. Sesibuk apapun kita dapat melaksanakan shalat secara tepat waktu karena masjid ini memiliki akses yang sangat mudah dikunjungi.


Ruangan shalat jernih mengkilap dan tempat wudhu bagus apik.

3. Masjid Miftahul Falah, Pamulihan


Saat tiba di Pamulihan Wanahayu, Masjid Miftahul Falah seolah menyambut dan berbisik kepada kita agar selalu bersyukur pada-Nya melalui sujud dan dzikir.


Beranda masjid menyuguhkan pemandangan alam hijau biru nan indah semakin melengkapi kesyahduan di saat hamba sedang bermunajat.

Dalam rihlah ada ibadah, saat travelling terselip pangéling-pengéling (mengajak dzikir)

4. Masjid Jami Al-Ikhlas, Langgeng


Masjid Jami Langgeng menghadirkan kedamaian hidup melalui shalat berjamaah atau ittikaf. Merenungi hakikat kehidupan agar tidak terbuai kehidupan duniawi. Waspada dan sadar bahwa kehidupan abadi perlu dipersiapkan dari saat ini.


Masjid berdiri di tengah-tengah masyarakat Langgeng yang diberkahi.

5. Masjid Jami Al-Falah, Sukaresmi


Masjid Jami Al-Falah berdiri di dalam rangka mencukupi dahaga rohani masyarakat Sukaresmi dan terbuka untuk umum.


Masjid yang berada di tengah wilayah penduduk memiliki ruangan shalat yang sejuk dan tempat wudhu serta MCK yang steril.

Memakmurkan Masjid Desa Wanahayu

Ketika Nabi Muhammad Saw hijrah ke Kota Madinah maka pertama-tama yang dibangun adalah masjid, yaitu Masjid Nabawi. Hal itu menunjukan betapa pentingnya peranan Masjid di dalam membangun masyarakat yang paripurna.

Harapan kita, masjid yang menarik membuat hati banyak orang terpaut ke masjid.

Jika di Palestina orang merangkak ke masjid meski berada di bawah desingan peluru dan dentuman bom. Maka kenapa hati kita masih belum memenuhi panggilan adzan dan mudah menyerah padahal negeri aman, masjid nyaman dan indah?

Berdirinya beberapa masjid di wilayah Desa Wanahayu memberikan kesejukan rohani dan optimisme hakiki. Kehidupan duniawi terasa gersang apabila tidak diimbangi dengan pembinaan rohani.

Peranan Remaja Masjid

Masa depan umat Islam terletak di tangan generasi muda saat ini. Masjid menjadi pusat kegiatan Remaja Islam untuk berkreasi, inovasi, peduli, pengabdian bahkan aktualisasi diri, yakni berkontribusi melalui keterampilan untuk menyemarakkan syiar Islam.

Kita seringkali terkendala minimnya sumber daya manusia (SDM) sehingga perlu dibangun kerjasama antar remaja masjid lintas wilayah dan silaturahmi berkesinambungan, misalnya dibentuk :

Ikatan Remaja Masjid Se-Desa Wanahayu
“WPSL2B”
(Wanahayu, Pamulihan, Sukaresmi, Langgeng, Lebak Larang, Babakan)

Melalui cara tersebut dapat membangun spirit silaturahmi, menambah teman dakwah, sharing tentang solusi di wilayahnya masing-masing, saling kenal untuk bersinergi dan menjalin ukhuwah Islamiyah generasi muda Muslim se Desa Wanahayu.

Wallahu A’lam bish Shawab

===°°°===

Penulis dan Dokumentasi:


Cecep Dudi Akasyah bin KH Ihsan Fauzan
Majlis Taklim Al-Ihsan
Blok Ahad Babakan, Desa Wanahayu
Email : sakinah2007@gmail.com
WA only 085-222-777-235

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed